Dalil Shohih Yang Menjelaskan Tentang Jumlah Bilangan Sholat Taraweh 20 Rakaat


Berkata Imam Nawawi Rahimahullah di dalam Kitab Syarah Al-muhaddzab
 Shalat Tarawih merupakan sunnah Mu’akkadah sebagaimana yang telah ditunjukkan oleh Hadist-hadist yang Mulia di atas, adalah 20 Rakaat selain Shalat witir, dan menjadi 23 Rakaat dengan Witir nya, atas dasar itu, sunnah-sunnah telah terdahulu melaksanakan nya dan ulama Salaf dan Khalaf semenjak dari zaman khulafa’urrasidin telah memufakatinya. Semenjak dari zaman Khalifah Umar ibnu khattab Radhiyallahu anhu sampai kepada zaman kita sekarang. Tidak ada satupun dari Imam yang empat yang mujtahid menyelisih atas itu, kecuali apa yang telah di Riwayatkan oleh imam daarul hijrah, imam Malik bin anas Radhiyallahu anhu dengan Qaul nya menambah sampai kepada 36 rakaat.

Dan Dalam Riwayat kedua, berhujjah dengan Amal perbuatan penduduk Madinah yang telah diriwayatkan oleh imam Nafi’ beliau berkata : “ Aku jumpai orang-orang melaksanakan shalat di Bulan Ramadhan dengan 39 Rakaat dan di witirkan 3 Rakaat ( Di sebutkan di dalam kitab Syarah Al-muhaddzab). 


HADIST YANG DI JADIKAN HUJJAH OLEH MAYORITAS ULAMA
Imam-imam Madzhab berhujjah bahwa Shalat Tarawih 20 rakaat dengan hadist yang telah diriwayatkn oleh imam Al-baihaqi dan lain nya dengan sanad yang jelas lagi shohih,
عن " السائب بن يزيد" رضي الله عنه – الصحابي المشهور- أنه قال :" كانوا يقومون على عهد عمر بن الخطاب – رضي الله عنه – في شهر رمضان بعشرين ركعة " رواه البيهقي في السنن الكبرى
Dari Sa’ib bin Yazid, Rhadiyallahu anhu -Salah satu Sahabt termasyhur- beliau berkata : mereka melaksanakan Shalat Tarawih dizaman Sayyidina Umar ibnu Khattab- Radhiyallahu anhu, di Bulan Ramadhan dengan 20 Rakaat, (Di riwayatkan oleh Imam Al-baihaqi di dalam kitab As-sunan Al-kubra).

Mereka juga berhujjah dengan Hadist yang diriwayatkan oleh imam Malik di dalam kitab Al-muwattha’ dan imam Al-baihaqi , Juga dari yazid bin Ruuman, katanya :
كان الناس يقومون في زمن عمر بن الخطاب رضي الله عنه - بثلاث وعشرين ركعة ". يعني يصلّون التراويح عشرين ركعة ويوترون بثلاث ركعات
Adalah orang-orang di zaman Sayyidina Umar ibnu Khattab Rhadiyallahu anhu, melaksanakan Shalat Tarawih dengan 23 Rakaat, Maksudnya melaksanakan Shalat Tarawih 20 Rakaat dan shalat Witir 3 Rakaat.

 Mereka juga berhujjah dengan Apa yang telah di Riwayatkan oleh Imam Hasan
أن عمر – رضي الله عنه – جمع الناس على " أبي بن كعب " فكان يصلي لهم عشرين ركعة ولا يقنت بهم إلا في النصف الثاني ، فإذا كان العشر الأواخر ، من رمضان تخلف " أبي " فصلى في بيته فكانوا يقولون : أبق أبي . ذكر أن قدامة في المغني أنه رواه ابو داود.
Bahwasanya Umar Radhiyallahu anhu. mengumpulkan orang-orang dibelakang Ubay bin Ka’ab lalu beliau mengimami mereka shalat tarawih 20 rakaat. Beliau beserta segenap jamaah tidak melakukan qunut kecuali pada pertengahan ramadhan yang kedua. Apabila sepuluh yang terakhir dari bulan ramadhan telah tiba, maka beliau tidak keluar (ke masjid). Beliau melakukan shalat di rumah sehingga orang-orang pada berkata : “Ubay bin Ka’ab telah melarikan diri”

Imam Qudamah menuturkan di dalam Kitab Al-mugni bahwa Hadist tersebut diriwayatkan oleh Imam Abu Daud
Hal ini Telah di Riwayatkan oleh imam Ibnu Qudamah di Dalam Kitab Al-mugni, Bahwa Kesepakatan atau ijma’ Ulama menetapkan Bilangan Rakaat Shalat tarawih adalah 20 Rakaat, Menjawab dari apa yang telah diriwayatakan oleh Imam Malik -Rahimahullah- dalam Riwayat kedua nya, Bahwa bilangan Rakaat Shalat Tarawih 36 Rakaat.

Kemudian Imam Ibnu Qudamah berkata :
Qiyam di bulan Ramadhan adalah 20 Rakaat , Artinya Shalat Tarawih adalah Perbuatan Sunnah mu’akkad, dan orang pertama yang Melaksanakan nya adalah Baginda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, Dan Shalat Tarawih dinisbatkan kepada Sayyidina Umar ibnu Khattab- Radhiyallahu anhu- Karena Beliau yang mengumpulkan orang Untuk melaksanakan Shalat Tarawih dibelakang satu Imam Yaitu Ubai bin ka’ab, Sehingga beliau shalat bersama mereka, Dan telah diriwayatkan Bahwa suatu ketika Umar ibnu Khattab Keluar di Bulan Ramadhan menuju ke masjid, Tahu-tahu Beliau Jumpai orang Shalat berpencar-pencar, Sehingga Sayyidina Umar berkata, seandainya Aku kumpulkan mereka di belakang satu Imam, Kemudian Umar kumpulkan mereka dibelakang Imam Ubai bin ka’ab, Malam berikut nya Sayyidina Umar keluar menuju ke masjid, dan Beliau Jumpai orang-orang Shalat dibelakang satu Imam -nya, dan sayyidina Umar berkata, “ Sebaik-baik perbuatan Bid’ah adalah ini” (HR Bukhari) 

Berkata Ibnu Qudamah ;
Pendapat yang terpilih Adalah pendapat Abu Abdillah (Imam Ahmad ibnu hambal) Rahimahullah. Yaitu 20 Rakaat , dengan Pendapat Ini sesaui dengan pendapat Imam At-stauri, Imam Abu hanifah dan Imam Syaf’i. Namun Imam Malik berkata 36 Rakaat, dan beliau Hubungkan dengan apa yang dilakukan oleh penduduk Madinah, dan Bagi pandangan Kami, Bahwa Sayyidina Umar -Radhiyallahu anhu-, manakala beliau mengumpulkan orang untuk Melaksanakan Shalat di belakang Satu Imam Ubai bin ka’ab, adalah di lakukan dengan 20 Rakaat
Dan ada di Riwayatkan oleh imam Malik dari Yazid bin Ruuman, Beliau berkata, Penduduk madinah melaksanakan Shalat Tarawih di masa Sayyidina Umar adalah dengan 23 Rakaat. Dan ada pula sebuah Riwayat dari Sayyidina Ali -Radhiyallahu anhu- bahwasanya Beliau perintahkan seseorang menjadi Imam Shalat bersama di Bulan Ramadhan dengan 20 Rakaat. Dan Hal ini Posisi nya seperti Ijma’

Kemudian Imam Ibnu qudamah berkata, seandainya telah ditetapkan bahwa Penduduk Madinah dalam Melaksanakan Shalat Tarawih 36 Rakaat , Niscaya apa yang telah di lakukan oleh sayyidina Umar dan disepakati oleh Para sahabat dizaman nya, adalah lebih Utama di dalam Berittiba

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar